Jumat, 20 Mei 2011

Extensions Joomla

1. COMPONENT JOOMLA

Secara umum, komponen (Component) berfungsi untuk menambah fungsionalitas system joomla yang memiliki halaman untuk mengatur beberapa parameter. Sebagai contoh, fasilitas document management (DOC MAN). Memilih pengaturan untuk membuat kategori artikel, deskripsi, image, hak cipta, alamat link, dan lain-lain.

MENGENAL COMPONENT
Jumlah component yang berkembang saat ini lebih dari ratusan dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan penggunannya. Untuk menginstal component, terlebih dulu harus mendownload-nya di website resmi joomla atau di belajarilmujoomla.com untuk menjadi member. Component ada yang gratis dan ada berbayar, namun tidak perlu khawtir karena jumlah component yang gratis lebih banyak dari berbayar. Keduanya sama-sama memiliki fitur yang lengkap dan andal karena sudah teruji dan akan terus”dipantau” oleh komunitas joomla, forum diskusi, maupun komentar dari para pengguna untuk perbaikan system agar lebih baik.

Ciri khas file component di awali dengan kata ”com” didepan nama component, misalnya com_docman_1.4.0rcl.zip. meskipun begitu, ada beberapa component yangn tidak menambahkan awalan “com“ pada nama component.

MENGINSTAL COMPONENT
Seperti telah dijelaskan sebelumnnya, sebelum menginstal sebuah component, sebaiknya anda men-download terlebih dulu file yang diperlukan meskipun tersedia fasilitas untuk menginstal secara online melalui alamat di direktori server yang akan diinstal (upload). Untuk menunjang dan memperlancarkan dalam mempraktekan materi pada E-Book . Semua file pendukung telah disertakan dalam Winrar.

2. MODUL MANAGER - JOOMLA

Module adalah sebuah aplikasi mini yang ditempatkan dibagian kiri, kanan, atas, atau bagian bawah halaman utama sebuah website. Module berfungsi untuk menampilkan beberapa component, maka secara otomatis kita menginstal pula module, salah satunya adalah component multibahasa, ketika pertama kali di install maka secara otomatis akan menginstall pula module pilihan bahasa untuk ditampilkan di halaman utama website.

MENGENAL MODULE.
Module memiliki peran sangat penting untuk keindahan tampilan website karena dapat mengendalikan interface dan component yang terinstal. Module dapat menampilkan website yang inovatif dengan cara menampilkan gambar dan artikel secara random, menjalankan video, audio dan animasi, serta dokumen lain sehingga tidak memiliki  kesan monoton.

Semua halnya dengan component, module yang akan diinstal ke dalam website harus di-download terlebih dulu. Ciri khas file module memiliki awalan “ mod ” didepan nama file, contohnya mod_cd_login_1.0.9.zip. berbeda dengan component, module tidak memiliki halaman untuk mengatur parameter khusus seperti component, module hanya dapat menonaktifkan  dan mengaktifkan di bagian kiri, kanan, atas, kanan, atas, maupun bawah pada halaman utama website.

MENGINSTAL MODULE


Sebelum menginstal module, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu fungsi module tersebut. Meskipun dapat di uninstall kembali. Namun dapat menghambat proses pengembangan. Masing-masing module biasanya memuat informasi tentang module tersebut. Dalam website resmi joomla, terdapat semua informasi masing-masing extensions termasuk module. Jadi sebelum mendownload   dan menginstal sebaiknya. Anda pelajari terlebih dahulu fungsinya.

Disini belajar ilmu joomla.com akan memberikan kemudahan buat anda dari semua fungsi module-module joomla. Dan website ini selalu terupdate buat anda.

3. PLUGIN MANAGER - JOOMLA

PLUGINS/ MAMBOTS
Pada joomla versi 1.0.x disebut sebagai Mambots, sedangkan untuk versi Joomla 1.5.x berubah menjadi Plugin. Plugin /Mambots adalah aplikasi mini yang disisipkan untuk memanipulasi, menambah, atau membuat perubahan pada konten atau artikel.

MENGENAL PLUGINS/MAMBOTS
Secara default, system Joomla versi Joomla 1.5.x memilih enam kategori plugins :
  1. Authentication: berkaitan dengan otentikasi yang terintegrasi dengan system Joomla, misalnya otentikasi Gmail.
  2. Contents: berkaitan dengan manipulasi contents atau artikel.
  3. Editors: berkaitan dengan manipulasi editor  yang digunakan untuk menulis konten atau artikel.
  4. Editor-xtd: berkaitan dengan manipulasi fitur-fitur editor yang lebih kompleks.
  5. Search: berkaitan dengan manipulasi fungsi search/ Pencari pada website.
  6. System: berkaitan dengan system joomla seperti legacy 1 untuk beberapa module atau component yang bekerja pada versi sebelumnya.
Beberapa plugins/mambots standar “ bawaan” joomla yaitu :
  1. Image: mambot yang berfungsi untuk mengkonversi perintah (mosimage) di content menjadi perintah untuk menyisipkan gambar pada HTML (Tag img).
  2. Pagebreak: mambot yang berfungsi untuk navigasi halaman ( memotong sebuah halaman website yang panjang menjadi beberapa halaman lengkap dengan daftar isi.
  3. Moscode: mambot yang berfungsi untuk mengganti perintah (moscode) (/moscode). Menjadi perintah tag yang menandakan kode programming.

MENGINSTAL PLUGIN/ MAMBOTS
Dengan banyaknya plugin/ mambot yang terinstal, tentunya sangat mempengaruhi kinerja system joomla dan bandwith server karena semua scipt akan berjalan bersama-sama bergantung jumla plugin yang diaktifkan. Oleh karena itu, plugin yang tidak digunakan dapat di nonaktifkan atau dihapus  (uninstall) dari website agar kinerja lebih cepat dan resource server tidak habis termakan akibat banyaknya plugin yang aktif. Untuk menginstal silahkan anda download di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More